OneszAccess

Blog Pribadi dan Sharing Sedikit Pengetahuan

Tempat wisata menarik dan indah di pulau lombok (edisi lombok timur)




Selamat malam para sahabat blogger, malam ini saya lagi teringat akan daerah asal saya, saya berasal dari desa kecil bernama desa Suntalangu Lingkungan Aik Ampat Kelurahan Kelayu Jorong Kecamatan Selong Lombok Timur - NTB - Indonesia (verisi Lengap) (lombok i love you) :D
gak tau juga gara-gara apa tiba-tiba teringat saja akan keindahan dan ketenangan hidup di desa sendiri.
oleh karena itu saya akan berbgai tentang keindahan di pulau saya tercinta pulau lombok,,,
Ahir-ahir ini pulau Lombok mulai banyak dikunjungi, baik oleh wisatawan mancanegara maupun oleh wisatawan nusantara, karena itu saya sebagai penduduk asli disana tertarik untuk mengulas sedikit tempat wisata yang saya tahu:
Saya ingin mengulas mulai dari daerah tempat tinggal saya dulu Lombok Timur.


WISATA KEINDAHAN DI LOMBOK TIMUR
  1. Pantai Pink (Pantai Tangsi [nama asli sebelum terkenal])
    Pantai Pink
    Pantai Pink
    Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Tangsi / Pantai Pink adalah pasirnya yang berwarna Pink alias Merah Muda. Di Indonesia cuma ada dua lho pantai yang berpasir Pink, salah satunya adalah yang berlokasi di Pulau Komodo NTT. Kalau dilihat lebih dekat, sebenarnya warna asli pasir Pantai ini sebenarnya putih, namun karena bercampur dengan serpihan serpihan terumbu karang yang berwarna pink, seiring prosesi alam lalu serpihan serpihan terumbu karang ini kemudian menyatu dan membentuk warna merah muda, apalagi saat terkena air laut dan terpapar sinar matahari, sehingga warna Pink nya jelas sekali terlihat.
    Selain pasir pantainya yang berwarna khas pink, Pantai ini juga memiliki panorama alam yang sangat mengesankan. Dikelilingi oleh tebing - tebing yang cukup tinggi dengan berugak (semacam pondok/pendopo) diatasnya yang disediakan untuk  para wisatawan menikmati hamparan lautan lepas. Pemandangan dari atas tebing juga akan membuat anda terpukau dengan panorama indah dibawah tebing. Aroma air laut yang khas, belaian hembusan angin dan suara ombak yang membentur karang membuat hati siapapun yang berkunjung kesini menjadi tenang
    Pantai Pink  memiliki arus yang cukup tenang dengan deburan ombak yang sangat kecil, sehingga asik untuk bermain - main dan tidak membahayakan. Jika sempat bersnorkeling, maka anda akan dibuat takjub oleh terumbu terumbu karangnya yang sangat indah. Walaupun sebagian titik terumbu terumbu karang yang terlihat hanya berupa sisa sisa terumbu karang yang sudah hancur oleh jangkar - jangkar perahu para Nelayan.
  2. Gili Sulat dan Gili Lawang
    Penjelasannya bisa dilihat dalam video dibawah ini:
  3. Gili Kondo
    Kebersihan dan keindahan
    airnya jernih
    Kebersihan dan kerapihan pulau ini sangat terjaga, Pulau ini bersih dari sampah-sampah buangan manusia dan juga sangat rapi dengan penataan pohon pohon serta tanaman tanaman hias yang semakin menambah keasrian pulau ini.
    Untuk terumbu karang di sini lumayan terjaga keasriannya, dihiasi ikan yang berwarna warni, bintang laut biru dan merah serta beberapa bulu babi yang harus diwaspadai.
    Sehabis berenang/snorkling di laut, jangan khawatri badan jadi lengket, karena disini ada tempat bilas dengan air tawar, ditempat tersebut tertulis tarif Rp 10.000/gentong. Air tawar ini diangkut menggunakan jerigen jerigen besar dari Lombok.
    Di pulau ini kita juga bisa mendirikan tenda atau camping, gratis broo asalkan tetap menjaga kebersihan pulau. Hamparan pasir putih yang cukup luas, birunya laut yang memiliki gradasi warna akibat berbeda kedalaman, dan cerahnya langit ditambah awan yang menggumpal menambah keindahan di pulau kecil ini. Air di pinggir pantainya sangat jernih, sehingga kita bisa melihat terumbu karang yang cantik. Pemandangan di seberang pulau pun tidak kalah indahnya.
    Jika kita menghadap ke barat, maka kita akan melihat pulau Lombok yang gagah dengan perbukitannya dan awan yang menggantung bagi selendang perbukitan.
    Mengalihkan pandangan kita ke arah timur maka kita akan menyaksikan gugusan Pulau Sumbawa besar dan kecil yang begitu memesona. Saat kita menghadap utara, maka Gili Bedagan dan Bidara akan terlihat cantik dengan bibir pantai berwarna putih bersih.
    Gili Kondo sendiri, nama aslinya adalah Gili Bagik. Namun, pihak pengelola, mengubah namanya menjadi Gili Kondo. Untuk yang ingin menginap jangan khawatir, karena ada fasilitas cottage yang terbuat dari kayu yang sangat eksotis. Persediaan air bersih pun cukup memadai di sini. di pinggir pantai ada beberapa tempat bilas yang terbuat dari anyaman bambu dengan shower di dalamnya. Ada juga makanan yang dijual oleh pengelola. Jika ingin menyewa alat snorkeling, maka cukup mengeluarkan uang sebesar 25 ribu rupiah untuk masa sewa sehari alias sepuasnya. Berbeda dengan Gili trawangan yang penyewaannya 25 ribu hanya untuk 1 jam.
    Jika berkunjung ke Lombok maka jangan lupa untuk datang ke Lombok timur, tepatnya ke Gili Kondo, Gili Bidara, dan Gili Bedagan. Sungguh kalian akan menyaksikan secuil surga yang ada di dunia.
  4. Gili Lampu
    Gili Lampu
    Gili Lampu
    Beberapa orang Lombok yang pernah datang ke Gili Lampu mungkin lebih mengenal nama tempat tersebut sebagai Pulau Lampu. Sebuah pulau kecil atau lebih tepat dikatakan Gili ini terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Gili Lampu bukanlah sebuah pulau yang berisi lampu atau diterangi oleh lampu. Namun pulau ini merupakan tempat berdirinya sebuah mercusuar peninggalan jaman Jepang yang masih ada dan berfungsi hingga saat ini.
    Dahulu Gili Lampu dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan para nelayan yang memancing di laut sekitar daerah tersebut. Namun lambat laun, karena keindahan alamnya serta inisiatif dari berbagai pihak terutama pemuda dan pemerintah setempat, Gili Lampu dipromosikan sebagai daerah wisata.
    Para wisatawan dapat menikmati keindahan alam, mereka dapat berenang di pantai sekitar Gili dan bagi para wisatawan yang menginap, mereka akan menyaksikan keindahan matahari terbit dari Gili Lampu.
    Gili Lampu terletak sekitar 2 Km di sebelah timur Desa Labuhan Pandan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Gili ini diapit oleh Selat Alas dan Gili Petagan.
  5. Danau Segara Anak
    Segara Anak
    Photo saya saat mendaki digunung rinjani sebelum turun ke segara anak
    Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang terbentuk di Kaldera Gunung Rinjani yang berketinggian 3775 mdpl. Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri bendatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan ke indahan Danau tsb.  Danau Segara Anak yang luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m dan Topografinya 2.010 mdpl, di Danau tsb banyak sekali ikan. Banyak orang datang ke sana bukan saja menyakisikan ke indahan Alamnya tapi juga sekaligus mancing. Di tengah-tengah Danau tsb terbentuk Kerucut Baru yang di namakan Gunung Baru Jari ("gunung baru jadi", dalam bahasa sasak) yang tingginya 2.376 mdpl. Gunung ini meletus terahir 2004 7 tahun yang silam. Gunung Rinjani, terletak di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.
  6. Pantai Surga
    Pantai Surga
    Pantai Surga
    Pantai Surga berada di wilayah Lombok Timur bagian selatan tepatnya Jerowaru, sekitar 50km dari kota Selong. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan pantainya yang bersih dan berpasir putih, maka tidak heran pantai ini dinamakan pantai surga. Bagi yang menyukai olahraga Surfing pantai ini adalah salah satu pilihannya. Selain pantai surga masih ada sejumlah pantai di Wilayah selatan yang sangat indah, seperti pantai heaven on planet, pantai kaliantan, cemara, Teluk Ekas dengan daya tarik budidaya perikanan lautnya, disebut sebagai kawasan Gili indah.
    Namanya sih emang Pantai Surga, tapi akses jalan menuju kesana kayak “jalannya neraka” tapi sekarang baru mulai digarap jalannya, para pengunjung biasanya terutama bule-bule lebih memilih jalur air untuk mengunjungi pantai ini.
  7. Pantai Cemara
    Keindahan pantai cemara
    pesisir pantai cemara dengan pasir yang putih
    Pantai Cemara terletak di Lombok Timur, letaknya di antara Pantai Surga dan Tanjung Ringgit. Banyak dari orang-orang Lombok kebanyakan masih belum mengenal tempat ini, mungkin karena tempatnya yang cukup terpencil dan akses menuju tempat ini lumayan sulit menjadi alasan banyak orang-orang Lombok sendiri tidak mengetahuinya, apalagi dari luar Pulau Lombok.
    Sesuai dengan namanya ‘cemara’, di pantai ini kiri-kanan kulihat saja banyak pohon cemara hahay. Pantai ini tidak seperti pantai-pantai terkenal di Pulau Lombok, pantai ini bisa dikategorikan sepi pengunjung, tempat berteduhnya jarang :D.
    Pantai Cemara memiliki pasir putih, seperti tepung terigu yang terhampar luas. Jika agan-agan pingin ngeliat Samudra Hindia secara langsung, agan-agan bisa sewa boat dari pantai menyeberang kira-kira 10 menit ke pulau seberang pantai, dan disana ane yakin mata agan akan terbelanga melihat Samudra Hindia yang biru dengan karang-karang laut yang terukir indah.
    Dulu saat saya mengunjungi pantai ini, tidak kami temukan ada pengunjung lain selain kami dari kelmpok yang melakukan study tour kesana, disana ada tempat lapang yang luas yang kira-kira mantep buat camping sambil menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan
  8. Pantai Labuhan Haji
    Pantai labuhan haji
    Narsi dikit, photo saya baru selesai mancing di dermaga labuhan haji
    Nah pantai yang satu ini dekat dengan rumah saya hehew... saya sendiri dulunya sangat sering bermain dan memancing di pantai ini, tuh ada photo saya sendiri lagi menghitung jumlah ikan hasil pancingan haha,,, pantainya sih lumayan bagus dan indah kalau menurut saya, tapi agak kurang tertata dengan baik dan masih banyak sampah yang berserakan disana, dan sekarang juga sedang dibangun dermaga yang lumayan besar dikawasan ini. 
  9. Desa tete batu dan air terjun jeruk manis
    Jerman (jeruk manis)
    pemandangan indah tete batu
    Tetebatu seperti keadaan desa pada umumnya, Tetebatu masih memiliki suasana yang asri dan keasliannya masih terjaga dari tangan-tangan manusia. Tete Batu merupakan desa dengan penduduk yang ramah terhadap wisatawan luar desa mereka. Desa Tetebatu terletak di lereng pegunungan Rinjani. Tempat ini menjadi landasan awal bagi para pendaki sebelum mereka melanjutkan perjalanan mereka menuju gunung Rinjani. Sebagai bagian dari wisata Lombok, desa Tetebatu menawarkan pemandangan yang indah serta udara yang masih segar. Bagi sebagian orang yang tinggal di kota, udara pedesaan yang segar menjadi hal yang sangat berharga seiring dengan polusi udara di kota yang semakin kotor dan memenuhi sudut-sudut kota. Selain keadaan desa yang masih asri dan udaranya yang segar, di desa ini juga terdapat pemandangan sawah yang sangat luas dan terhampar di sepanjang jalan yang terdapat di desa Tetebatu. Selain sawah, di desa Tetebatu juga terdapat kebun tembakau yang indah dan menyegarkan mata dari setiap wisatawan yang mengunjungi desa Tetebatu ini. Melalui desa Tetebatu, anda bisa menyusuri jalan-jalan yang masih asri dan mengunjungi air terjun yang terdapat di desa Tetebatu. Keadaan air terjunnya juga masih jernih dan sangat bersih.  Anda bisa berenang bersama kerabat atau teman-teman anda di desa Tetebatu yang terkenal sebagai bagian dari wisata Lombok ini. Disni juga terdapat akomodasi lengkap mulai dari penginapan atau hotel dan juga restoran. Anda bisa menginap disni untuk menikmati suasana desa yang sudah tidak bisa anda rasakan lagi bila anda sekarang tinggal di kota besar di Indonesia. Ya penginapan disni memang menjadi rujukan beberapa tempat wisata disekitar desa Tetebatu seperti objek wisata Otak Kokoq, air terjun Aiktemer, serta dua desa terdekat bernama Desa Pringgasela dan Desa Suradadi.
  10. Otak Kokoq Joben
    Air terjun joben
    kolam renang joben
    Tempat ini adalah salah satu andalan dari wisata dilombok timur, airnya sangaaaaat dingin, dulunya saat kesini saya sendiri masuknya gratis hehew karena teman saya sebangku pas di MAN Selong berasal dari tempat ini, jadinya gratis dehh,, [colek dulu] teman saya itu namanya Muhammad Tohri Isnadi :D
    Obyek wisata air terjun ini berada di Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading. Salah satu yang menjadi daya tarik obyek wisata ini, air terjunnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit lhoo mungkin karena airnya yang kelewatan dingin kali yaa, saya saja gak kuat lama-lama mandi di tempat ini. Selain itu pemandangan di sekitar Otak kokoq Joben juga sangat indah yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Disini juga disediakan sejumlah fasilitas seperti tempat peristirahatan dan kolam renang.

Saya rasa cukup itu dulu postingan kali ini,,, tapi sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat wisata yang ada di lombok timur ini, nantilah kalau ada kesempatan saya tambahkan lagi,,,
Tunggu saja edisi selanjutnya mungkin saya mengulas tentang lombok tengah, lombok barat atau lombok utara.
0 Komentar untuk "Tempat wisata menarik dan indah di pulau lombok (edisi lombok timur)"

Kami Menerima Saran dan Kritikan yang bersifat MEMBANGUN
Tinggalkan Komentar anda disini...

 
Copyright © 2014 OneszAccess - All Rights Reserved
Template By Catatan Info