OneszAccess

Blog Pribadi dan Sharing Sedikit Pengetahuan

Mengenal Ilmu Statistika dan Prospeknya

Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Ilmu atau Program Studi StatistikaNamun sebelum itu saya ingin menulis pendahuluan dulu yaa, hehehe,

Karena Statistika UII adalah jurusan yang saya pilih di Pergurun Tinggi untuk melanjutkan Pendidikan saya setelah menyelesaikan masa-masa indah di Madrasah Aliyah NegeriSelong, Program Studi Statistika Universitas Islam Indonesia [UII] tempat study ku sekarang.

Teman-teman ada yang mengalami gagal SNMPTN, STIS dsb..??
Jangan putus asa, masih sangat banyak sekali jalan untuk menggapai pintu masa depan yang cerah, Jangan lihat dari segi buruknya, mari lihat dari segi positifnya, jadikan itu sebagai Motivator untuk terus berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi… dan selalu ingat “Sebaik-baik rencana adalah rencana Allah” kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya, oleh karena itu Lakukan apa yang menurut kita yang terbaik dan pantas untuk dilakukan…

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui" (QS.2:216)

‘Trial and Error’ ‘Trial and Error’ ‘Trial and Error’
‘Mencoba dan Gagal’ ‘Mencoba dan Gagal’ ‘Mencoba dan Gagal’
Suatu saat kegagalan itu akan Bosan menghampiri, Percaya deh,
Jangan Pikirkan apapun perkataan orang, justru dengan perkataan-perkataan yang dilontarkan orang kepadamu akan membuat motivasi dan tekad yang kuat untuk melebihi orang itu.

Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari, sesungguhnya kita telah banyak memakai statistik walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana, baik dirumah, dikantor, ataupun ditempat lainnya,
Pemerintah menggunakan Statistik untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara [APBN] yang didasarkan pada hasil perhitungan statistik seperti nilai tukar rupiah terhadap nilai dolar Amerika, nilai ekspor, harga minyak, tingkat inflasi, nilai investasi, dan pertumbuhan ekonomi.
Dalam hal ini, perhitungan statistik merupakan suatu prediksi (perkiraan) yang berdasarkan penilaian indikator ekonomi pada tahun sebelumnya. Pemimpin suatu perusahaan sering harus memakai statistic untuk mengambil kebijakan mengenai jumlah barang yang harus diproduksi, cara untuk mendistribusikan dan strategi untuk memasarkan produk baru. Singkatnya Statistik sesungguhnya sudah menjadi bagian dari hidup kita, ada disekitar kita, dan banyak membantu dalam mengambil keputusan secara teliti dan cermat, statistic juga telah mengubah cara kerja manusia dari yang bersifat tradisional ke yang bersifat rasional ilmiah.

Bagi mahasiswa, mata kuliah statistika sangat penting karena akan sangat berguna untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data ketika menyusun skripsi, thesis ataupun disertasi.

Sebagai suatu ilmu, statistika merupakan salah satu cabang ilmu matematika terapan. Oleh karenanya diperlukan pemahaman ilmu matematika untuk dapat memahami ilmu statistic.
Dinegara-negara maju [Amerika, Eropa, Jepang] ilmus statistika telah sejak lama berkembang dengan pesat sejalan dengan kemajuan ekonomi dan teknik. Bahkan kemajuan suatu Negara ditentukan dengan sejauh mana Negara itu dapat menerapkan ilmu statistica dalam memecahkan masalah-masalah pembangunan dan perencanaan pembangunan.

Keberhasilah Jepang dalam menerapkan ilmu statistika terutama ilmu probabilitas sangat Nampak dalam mendesain dan memsarkan produk-produknya. Kini statistika telah menjadi bagian hidup dari masyarakat jepang.
Kita di Indonesia boleh dikatakan kurang beruntung dalam hal kemajuan ilmu statistika, kita belum berhasil menjadikan statistika menjadi bagian hidup dan budaya masyarakat.
Apakah keadaan ini akan terus kita biarkan sehingga kita akan menjadi bangsa yang ketinggalan jauhhh dalam penguasaan dan penerapan ilmus statistika dibanding dengan Negara lainnnya ??? jika kita MAU belajar dari bangsa-bangsa lain yang karena kemajuan ilmu statistikanya tinggi dapaat memberikan sumbangan yang besar dalam menentukan kemajuan diberbagai bidang kehidupan, maka jawabannya tentu TIDAK.

Statistik : kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk table (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan  [berkaitan] dengan suatu masalah tertentu
Statistika : pengetahuan yang berkaitan dengan metode, teknik, atau cara untuk mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan atau menginterprestasikan data.

Sebelum menentukan pilihan dalam melanjutkan pendidikan, sebagai pertimbangan yang sangat mendasar selain untuk mendapatkan ilmu, memilih program studi sebagai pilihan tidak terlepas dari kata Prospek Lulusan Kedepannya, Bagaimana Prospek kerja jurusan statistika ? Yaa itu adalah hal yang sangat sering dipertanyakan oleh orang lain kepada kita, Setelah lulus kuliah kamu kerjanya dimana ? mudah jawabannya memang bagi teman-teman yang kuliah dijurusan yang sudah terkenal spt kedokteran, farmasi, teknik arsitek dsb.

Namun bagi saya yang akan dan sedang menempuh pendidikan S1 Statistika di Universitas Isalam Indonesia (Statistika UII), hampir setiap orang yang saya temui dan bertanya macam-macam, Setelah lulus jurusan Statistika itu kerja apa sih,,, dimana,,, dsb,,,, Wajarlah, karena ilmu yang dipelajari di Program Studi ini bisa dibilang special, karena program ini merupakan turunan dari ilmu matematika yang membahas tehnik pengorganisasian data agar data tersebut dapat “dibaca” dan dipergunakan untuk perkembangan berbagi bidang.

Nah, Jika saya ditanya seperti ituu apa jawabannya? Saat baru ditanya sih terus terang saya bingung juga hee, tapi setelah saya mulai mengenal lebih dekaat tentang Statistika ituu dan bertanya juga kepada Mbach Google, jawabannya begini, Disemua bidang Statistika dibutuhkan, mulai dari BPS, Lembaga Penelitian, Pendidikan, Perusahaan dan lain sebagainya, Sarjana Statistika dapat menempati posisi Peneliti, CEO serta staff pada bagian Electronic Data Processing, System Analyst, Quality Control, Planning, Controlling and Production, dll. pada berbagai bidang diantaranya:
  1. Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll). Sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang statistik untuk menunjang kebijakan pemerintah dan mempermudah proses kebijakan. Subjek statistik sangat banyak dan bervariatif, dari mulai menghitung jumlah usaha kecil yang biasa dilakukan Departemen Pedagangan, menghitung indeks pembangunan manusia oleh BPS, mengukur keberhasilan program KB oleh BKKBN, dan sebagainya.  
  2. Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN). Dalam sector ini Fungsi ilmu statistik juga cukup besar, ex: untuk mengukur berapa jumlah kredit dan investasi yang bisa dikucurkan oleh bank, berapa jumlah penabung jika dilihat dari skala usia, dsb.
  3. Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll)
  4.  Bidang industri perangkat lunak dan komputer (perancangan sistem,programming, desain grafis, dll). Lulusan statistik dapat bekerja sebagai programmer yang membuat program penghitungan statistika,  mengembangkan statistika eksperimental dan empirik dengan menggunakan software  tertentu.
  5. Bidang industry Penerbitan dan Percetakan.
  6. Industri telekomunikasi (telematika, Telkom)
  7. Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll). Pengolahan data menjadi sarana perusahaan dan organisasi untuk memajukan usahanya. Tetapi saat ini banyak perusahaan dan organisasi yang memberlakukan sistem outsourcing untuk menganalisa data, maka industri pengolahan data sangat tepat menjadi salah satu alternatif pekerjaan.
  8. Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR, Marketing Riset Informasi, dll)
  9. Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS terkemuka.
Bagi lulusan yang ingin terus mengembangkan keilmuan, maka menjadi pengajar atau praktisi pendidikan akan menjadi tempat yang tepat…

Nah berikut ini Beberapa lapangan kerja lulusan statistika yang saya kutip dari Brosur Statistika UII :
  1.  Badan Koordinasi Penanaman Modal [Data analyst]  www.bkpm.go.id
  2. Badan Pusan Statisti www.bps.go.id
  3. Bank Indonesia www.bi.go.id
  4. Bank Rakyat Indonesia www.bri.go.id 
  5. Bank Negara Indonesia www.bni45.go.id 
  6. Badan Metereologi Geofisika www.bmg.go.id 
  7. Badan Pengawas Teknologi Nuklir www.bapeten.go.id 
  8. Badan Narkotika Nasional www.bnn.go.id 
  9. Kementrian Agama www.depag.go.id 
  10. Kementrian dalam Negeri www.depdagri.go.id 
  11. Kementrian Kehutanan www.dephut.go.id 
  12. Kementrian Keuangan www.depkeu.go.id 
  13. Kementrian Komunikasi & Informatika www.postel.dekominfo.go.id 
  14. Kementrian Perdagangan www.depdag.go.id 
  15. Kementrian Perhubungan www.dephub.go.id 
  16. Kementrian Perindustrian www.deprin.go.id 
  17. Kementrian Sosial  www.depsos.go.id 
  18. Kementrian Tenaga Kerja & Transmigrasi www.depnakertrans.go.id 
  19. Kementrian Sekretaris Negara www.setneg.go.id 
  20. Kementrian Negara Riset & Technology www.ristek.go.id 
  21. Komisi Pemilihan Umum www.kpu.go.id 
  22. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan www.depdiknas.go.id 
  23. PT. Jasamarga www.jasamarga.com 
  24. PT. Asuransi Kesehatan Indonesia www.ptaskes.com 
  25. PT. Pertamina www.pertamina.com 
  26. PT. Pharos
  27. PT. Marketing  Riset Indonesia
  28. PT. Sisnar Sosro
  29. PT. Telkom 
  30. Pemerintah Provinsi 
  31. Pemerintah Daerah 
  32. Pemerintah Kota 
  33. BAPPEDA
  34. PPPTK
  35. Dinas Kesehatan
  36. Dinas Kependudukan dan Sipil
  37. Jamsostek
  38. PTN / PTS / Akademi

Di sekitar kita banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Untuk itulah ilmu statistika hadir untuk berperan sebagai sarana pembangunan terutama bidang Pemerintahan, Ekonomi dan Sosial.

Sekarang bagaimana, teman-teman semua sudah sidikit memahami apa ilmua statistika itu ?
Silahkan tentukan pilihan anda dalam menentuka Prodi mulai sekarang.

Saya juga punya tulisan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kawan-kawan dalam memilih jurusan, terutama bagi yang ingin mengenyam pendidikan di jurusan statistika.
Silahkan bisa dibaca: Pekerjaan Berprospek di Masa Depan adalah Orang Jurusan Statistika
Jadi Jangan Ragu, Tentukan Pilihanmu Sekarang juga :D

Semoga bermanfaat.
Have FUN.
9 Komentar untuk "Mengenal Ilmu Statistika dan Prospeknya"

Mantab om,, buat nambah2 ilmu juga nih :D hehe makasih

Makasih kang atas infonya sebelumnya! :D

Salam kenal juga dari Blog Billy-Art! Sukses selalu kang buat blognya!

hehe,, ok.. semoga bermanfaat.

Hehe,,, memang benarkan hal tersebut,,,
Kuliah jurusan Statistika In Shaa Allah pilihan yang tepat :D

Ok, sama-sama gan...
Salam kenal juga dari OneszAccess :)
Semoga sukses juga gan..

Nice post bro. Tdk salah masuk STIS

selamat belajar statistika,
Saya jurusan statistika UII bro...

Kami Menerima Saran dan Kritikan yang bersifat MEMBANGUN
Tinggalkan Komentar anda disini...

 
Copyright © 2014 OneszAccess - All Rights Reserved
Template By Catatan Info